Sistem Jaringan Komputer

A.      PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer pada hakekatnya adalah dua komputer atau lebih yang terhubung satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dihubungkan tidak terbatas pada komputer saja, melainkan termasuk printer dan perangkat-perangkat kertas yang lain. Sebagai penghubung, dapat digunakan kabel, misalnya gelombang radio dan sinar inframerah.

 B.      SKALA JARINGAN

Pada dasarnya ada tiga macam skala jaringan, yaitu :

  1. LAN (Local Area Network)

Pada awalnya jaringan komputer dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang lebih luas pada komplek perkantoran, gedung, sekolah yang dikenal dengan Jaringan Lokal atau Local Area Network (LAN).

  1. WAN (Wide Areal Network)

Perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut komputer yang digunakan dapat berhubungan secara luas sehingga terbentuk Metropolitan Area Network (MAN). Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas juga sehingga digunakan Wide Area Network (WAN). Jadi, MAN dan WAN merupakan perpaduan antara LAN yang simultan.

Jaringan WAN dapat mencapai antarpulau, antarnegara, bahkan antarbenua. WAN biasanya menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) tertentu sehingga tidak bisa menggunakan sembarang hardware dan software.

  1. Internet

Dari besarnya skala, internet sebenarnya sama dengan WAN, tetapi WAN bersifat privat, artinya hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya, misalnya karyawan suatu perusahaan multinasional. Sebaliknya, Internet bersifat publik sehingga semua orang dapat mengakses jaringan tersebut.

C.   TOPOLOGI JARINGAN

Topologi jaringan adalah tata letak atau layout suatu jarigan. Ada beberapa topologi jaringan yang dikenal, yaitu:

1.        Topologi Mesh

MESH topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Sebuah “fully-connected mesh”  adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi. Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.

Pada topologi mesh, semua node saling terhubung seperti diilustrasikan pada gambar di bawah. Topologi ini hamper tidak pernah dipakai karena sulit ditangani.

2.        Topologi Bus

Tata letak topologi bus diperlihatkan pada gambar di bawah, topologi ini menggunakan kabel BNC dan pada kadua ujungnya harus diberi terminator. Topologi ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah ditangani, namun sekarang telah banyak ditinggalkan kerena lalu lintas data terlalu padat dan apabila ada satu node rusak maka keseluruhan jaringan tidak dapat berfungsi.

 Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • merupakan satu kabel yang kedua ujung nya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node
  • umum digunakan karena sederhana dalam instalasi
  • signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision
  • problem terbesar pada saat kabel putus. Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti.

3.        Topologi Ring

Topologi Ring setiap node ditata sehingga membentuk lingkaran.

Topologi ini mempuyai karakteristik sebagai berikut:

  • lingkaran tertutup yang berisi node-node
  • sederhana dalam layout
  • signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur), sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana
  • problem: sama dengan topologi bus
  • biasanya  topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan kelihatan seperti topologi star

4.        Topologi Star

Topologi ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node  dan kembali lagi.
  • mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node
  • keunggulan : jika satu kabel node terputus yang lainnya tidak terganggu
  • dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, biasanya digunakan kabel UTP.

D.       ALAMAT IP

Di atas telah disebutkan bahwa setiap node yang terdapat pada sebuah jaringan berbasis protocol TCP/IP haruslah memiliki sebuah alamat IP (IP address) yang unik. Sama halnya dengan alamat rumah, tidak ada dua rumah yang memiliki alamat yang persis bukan,?

 1.         Format Alamat IP

Format alamat IP adalah angka biner yang panjangnya 32 bit dan terbagi menjadi 4 bagian yang masing-masing panjangnya 8 bit (8 bit sama dengan 1 byte). Setiap bagian dipasangkan dengan titik. Oleh karena merupakan angka biner naka alamat IP hanya terdiri dari angka 0 dan 1 saja.

 Contoh: 11000000.10101000.00000001.00000001

Fotmat penulisan biner seperti contoh tersebut kurang disukai karena agak sulit dibaca. Oleh karena itu format penulisan alamat IP lebih sering diwujudkan dalam bentuk decimal.

 Contoh: 192.168.1.1

Setiap bagian mampu menampung 255 kemungkinan angka, jadi total alamat Ip yang tersedia adalah 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625. akan tetapi pada kenyataanya dalam pengalokasiannya ada batasan-batasan serta kelas-kelas tertentu, jadi tidak sembarangan salah satu dari 4 miliyar kemungkinan alamat IP tersebut dapat digunakan begitu saja. Dalam sebuah jaringan, Alamat IP dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kelompok/kelas (Kelas A, B, C, D dan E). Untuk lebih mengetahui kelas-kelas alamt IP coba kalian cari literature yang membahasnya.

76 Responses to Sistem Jaringan Komputer

  1. rani senawati says:

    komentar :

    A.menurut saya Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. kalau tidak ada jaringan komputer maka komputerpun tidak bisa menyala,
    B. menurut saya apabila tidak ada skala jaringan maka komputer akan lebih banyak menggunakan kabel dan kalau kita akan menghubungkan komputer dengan jarak jauh akan sulit karna harus menggunakan banyak kabel.
    C. menurut saya Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.
    Topologi bintang
    Topologi cincin
    Topologi bus
    Topologi mesh
    Topologi pohon
    D.menurut saya alamat IP, pemberian kode/alamat untuk komputer. misalnya : 1,2,3,4,5 dan seterusnya…

  2. sandi says:

    menurut saya Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

  3. yulianah says:

    alhamdulillah ……..pak dengan adanya ilmu topologi komputer dan ilmu2 yg lainnya di blog bpk sangat brmanfaat bagi saya…..dan mungkin siswa siswi yg lainnya

    tpi ad kurangnya…….pak
    soalnya saya baca sekilas di web wikipedia ada yang namanya topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

    emang ada berapa topologi,pak?

    trima kasihh….:) pak

  4. ussy susilawah says:

    topologi jaringan adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lain nya yg memungkinkan saling berhubungan.

    macam macam nya :
    topologi bus : byaza nya sangat banyak d pakai karena tidak banyak mengeluarkan modal, akan tetapi kekurangan nya juga sangat mudah terdeteksi.
    apabila satu komputer tidak koneck, yg lain pun ikut tidak koneck.

    nah, kalo sudah gitu app yabg harus kita lakukan pak ???

    kalo alamat ip, apakah ada macam2 nya nggk ?
    tolong berikan jawaban nya pak

    makasih

  5. RIZA FEBRIANSYAH ( 2 IPA 1 ) says:

    menurut saya area network ada satu lagi yaitu storage area netrork
    Sebuah area penyimpanan jaringan (SAN) adalah jaringan khusus yang menyediakan akses ke konsolidasi, blok tingkat penyimpanan data. SAN terutama digunakan untuk membuat perangkat penyimpanan, seperti array disk, perpustakaan tape, dan jukebox optik, dapat diakses ke server sehingga tampak seperti perangkat perangkat yang terpasang secara lokal pada sistem operasi. Sebuah SAN biasanya memiliki jaringan sendiri dari perangkat penyimpanan yang umumnya tidak dapat diakses melalui jaringan area lokal dengan perangkat lain. Biaya dan kompleksitas SAN jatuh di awal 2000-an ke tingkat yang memungkinkan penerapan yang lebih luas di kedua perusahaan dan kecil untuk lingkungan bisnis menengah.

    Sebuah SAN tidak menyediakan abstraksi file, hanya blok-tingkat operasi. Namun, file sistem yang dibangun di atas SAN tidak menyediakan file-level akses, dan dikenal sebagai filesystem

  6. kiki.genta says:

    pak apakah bet protokol LAN biasanya menggunakan satu dari dua metode untuk dapat mengakses media jaringan carrier sense multiple atau coliision detection ( CSMA/CD ) atau token pasing.???

  7. muhamad sandi nugraha says:

    oh begitu pa.
    menurut saya Topologi jaringan mengandung dua pengertian dilihat dari sisi pengkabelan dandari sisi aliran data. Jika dilihat dari aliran data pada jaringan maka topologi yang dimaksudadalah
    Topologi Logika
    (logical topologi). Topologi logika jaringan adalah gambaran bagaimanaaliran data dalam suatu jaringan. Dari kemampuan fisik pengkabelan maka topologi jaringanyang dimaksud adalah
    Topologi Fisik
    (physical topologi). topologi fisik jaringan adalah bentuk layout pengkabelan yang diimplementasikan pada jaringan. Topologi merupakan gambaran bagaimana komputer dan peralatan jaringan tersusun dalam suatu jaringan

  8. kurnia fajar says:

    jadi pa menurut saya berkat adanya sistem jaringan komputer pekerjaan pekerjaan jadi lebih mudah di kerjakan dan lebih mudah untuk mencari informasi”, apabila jaringan komputer tidak ada di dunia maka seluruh pekerjaan akan terasa sangat berat dan manusiapun akan lebih sulit untuk mencari segala sesuatu.

  9. yogi permana says:

    ohh pa jadi topologi itu adalah suatu aturan dalam jaringan
    Contohya ; topologi mesh :jadi kalau sebuah jaringan, di mana setiap terminal terhubung
    secara langsung ke semua terminal-terminal lain
    :tetapi kalau terdapat satu link yang rusak,maka suatu station dapat mencari link yang lain nya..

  10. Mohamad Yuri 2 ipa 1 says:

    jadi menurut saya sistem jaringan adalah suatu satu kesatuan dalam komputer yang mencakup:
    LAN:jaringan yang hanya menghubungkan dari satu komputer ke komputer lain dalam sebuah ruangan,gedung,sekolah dan kantor.
    WAN:jaringan yang menghubungkanya lebih luas dari jaringan LAN,yaitu dapat menghubungkan jaringan dari pulau satu ke pulau lainya,dari negara ke negara lain,bahkan antar benua sekalipun.
    internet:jaringan yang menghubungkan seluruh jaringan didunia,sehingga kita bisa mengetahui informasi yang ada di belahan dunia manapun secara lebih luas dan mudah.
    topologi jaringan adalah sistem pemasangan pada jaringan komputer yang tiap topologi berbeda beda cara pemasangan kabelnya.dan ada kelebihan dan kekuranganya dari topologi jaringan masing-masing.contoh topologi jaringan komputer adalah :
    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star
    4.topologi ring.
    alamat ip adalah alamat yang dimiliki oleh setiap jaringan yang berbasis TCP/IP yang setiap ip mempuyai alamat atau node yang berbeda-beda.
    angka biner yang panjangnya 32 bit dan terbagi menjadi 4 bagian yang masing-masing panjangnya 8 bit (8 bit sama dengan 1 byte). Setiap bagian dipasangkan dengan titik. Oleh karena merupakan angka biner naka alamat IP hanya terdiri dari angka 0 dan 1 saja.

    Contoh: 11000000.10101000.00000001.00000001

  11. Denan Septiadi says:

    pak,dgn adanya sistem jaringan komputer dan topologi jaringan ini,kita bisa tau seluk beluk dari komputer dan kita bisa mengetahui internet lebih mendalam

    pertanyaan:
    pak apakah pengertian dari GAN(Global Area Internet)sama dengan Internet?

  12. mirna says:

    SUBHANALLAH……..klo menurut sya…….

    Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka (denganterminator diujungnya).

    trimakasih……….

  13. Asep Sumpena_2 IPA 2 says:

    setelah saya membaca materi tentang sistem jaringan tersebut.
    saya telah mengerti apa yang di maksud dengan sistem jaringan itu, jadi sistem jaringan komputer adalah hubungan komputer dengan komputer lainya dan saya ngerti apa yang di maksud dengan :
    1 topologi mesh
    2 topologi bus
    3 topologi ring
    4 topologi star
    materi ini sangat bermanfaat untuk uts senin.. 🙂

  14. Ressi Asriami says:

    Menurut saya: Jaringan Komputer adalah hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya. Skala jaringan terbagi menjadi 3, yaitu : LAN, WAN, dan INTERNET. Sedangakan topologi jaringan adalah peletakan sebuah jaringan.
    Topologi yang telah dikenal retdiri dari:
    1. Topologi Mesh
    2. Topologi Bus
    3. Topologi Ring
    4. Topologi Star

    Alamat IP adalah alamat yang dimiliki suatu jaringan yang berbasis TCP/IP.

    ^_^

  15. dini rahayu says:

    pak kalau menurut saya sisitem jaringan adlh suatu jaringan komputer yg menghubungkan antara komputer yg lain kalau tidak ada sistem jaringan komputer akan berantakan dan tidak berhubungan degn g lain
    pak kalau topologi itu ada berapa ?

    makasih ^_^

  16. Nissa Tri Gustiani (2 ips 3) says:

    menurut saya, sistem jaringan komputer adalah suatu gabungan dari beberapa sistem sistem lain yang tersususn secara sempurna. sistem jaringan juga sangat bermanfaat bagi kita, untuk bisa komunikasi kan data ataupun mencari informasi .

    sedangkan topologi jaringan merupakan suatu jaringan yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lain .

  17. ana rosdiana 2 ipa 1 says:

    A. menurut saya sistem jaringan komputer itu adalah kumpulan beberapa komputer yang saling di hubungkan untuk dapat berbagi informasi dari komputer satu ke komputer lainnya dan bsa jga untuk berkomunikasi untuk mempermudah pekerjaan manusia.
    B. ya menurut saya kalau tidak ada skala jaringan pak komputer tidak akan bisa terhubung secara meluas dan bisa membutuhkan bnyak kabel.
    maka dibuat lah skala jaringan seperti:
    1.LAN
    2.WAN
    3.internet
    C.ouh jadi topologi jaringan itu adalah menjelaskan tentang susunan jaringan pak.
    contohnya: topologi mesh untuk memasang link antar station station.

    makasih pak

  18. nur arian 2 ipa 2 says:

    menurut saya jaringan komputer adalah jaringan yang menhubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dan banyak memiliki manfaat.

    jadi gini pak sistem jaringan komputer,skala jaringan dan topologi jaringan sangat penting bagi semua orang karena memiliki manfaat yang sangat banyak dan bisa mempermudah manusia melakukan pekerjaanya, selain itu dengan adanya ketiga komponen itu manusia pun bisa lebih menambah wawasannya.

  19. siska prsatika XI IPA 1 says:

    menurut kha mah ,Jaringan computer adalah hubungan computer satu dengan yang lainnya.
    3 skala yg adda di dlm jrngan kmputer .lan yg sifatnya trbatas,wan yg sifatnya luas,dan internet yang sifatnya mengglobal .
    Sedangkan prbdaan antara wan dan internet adalah :wan luas tp,private .internet luas dan umum. sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain.
    setiap node yang terdapat pada sebuah jaringan berbasis protocol TCP/IP haruslah memiliki sebuah alamat IP (IP address) yang unik.
    itu yg siska dpt n yg siska baca dr blog bpa 🙂

  20. mohammad faisal says:

    ohh kitu oh gituh yah pa jadii menurut saya yah pak

    A.jaringan komputer
    jadi suatu kesatuan komputer yang mencangkup unsur seperti :
    LAN(jaringan yang dihubungkan oleh komputer dengan komputer lainya dalam suatu ruangan, gedung, hotel dll),

    WAN(yang hubunganya lebih luas dari jaringanya
    9kesatuandari hub lan) dan jaringa ini bisa menhubung kan antara pulau dengan pulau lainya, negara dengannegara lainya)

    , bisa juga INTERNET(ialah jaringan yang mendunia jadi kita bisa tau informasi di belhan duni secara benar)

    . bisa juga suatu perangkat yang saling berhubungtaan sperti perangkat keras dan lunak kalau tak terhubung ga akan nyala dong, jika tak ada jaringan apah kata dunia nanti komputer.
    dan adanya suatu sistem jaringan maka pekerjaan manusia bisa mudah tapi kalo ga ada terasa beraat gimana gituh.

    B.skala jaringan
    bisa dsebut jug suatu hubungan , tapi kalo ga ada skala jaringan harus memakai kabel, sdang kan massa ita harus menggunakan kabel dari bandung ke jakarta, surabaya dll, maka akan sulit donk untuk berhubunganya apah lagih nanti kalo da kabel yang rusak harus ditelusurii , butuh waktu lama tuh. jadi jaman yang moderen ini mekaki yang menyerupai kalo ga salah sperti parabola tv iuh tuh.

    C.topologo jringan
    ada hubungan yang menghubung kan satu dengan yang lainya dan menjelaskan suatu geometri unsur fungsi jaringan tersebu. topologi jaringan terbagi menjadi empat yaitu:
    1.topologi mesh (sbuah jringn di mna trminal saling berhubungan dan biasa nya sering di pakai komputer kecil tapi kendalanya jaringan ini sangat mahal)
    2.topologi bush (jaringn ini sngat mudah dan bisa di tangani mnngunak terminator, tapi kndalanya bila komputer satu rusak masa yang lainya tak bisa berfungsi)
    3.topologi star (jaringan ini mudah karena setiap kavel terhubung dgan centar node nya, enaknya jaringan ini bila da yang satu komputer eror komputer yang lain tak terganggu)
    4.topologi ring (sma halnya sperti jarinagn star, bila jringan ini terputus pun juga tidak mengganggu denganyang lainya ko)

    D.alamat IP
    pemberian kode/alamat kepada orang lainya spert nama email kita atau no, atau alamat yang dimiliki oleh setiap jaringan yang berbasis TCP/IP yang setiap ip mempuyai alamat atau node yang berbeda-beda.
    angka biner yang panjangnya 32 bit dan terbagi menjadi 4 bagian yang masing-masing panjangnya 8 bit (8 bit sama dengan 1 byte). Setiap bagian dipasangkan dengan titik. Oleh karena merupakan angka biner naka alamat IP hanya terdiri dari angka 0 dan 1 saja.

    Contoh: 11000000.10101000.00000001.00000001

    siip selsai deh makasih pak tasa pembelajarnya

  21. indra nassetya says:

    Klaw menurut saya ……………………

    topologi jaringan komputer adalahsuatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

  22. menurut saya pa ,
    jaringan komputer adalah hubungan komputer yg satu dan yg lain yg mencangkup seperti :
    -LAN
    -WAN
    -INTERNET

    topologi jaringan adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lain nya yg memungkinkan saling berhubungan.

    topologi jaringan yg di kenal diantaranya :
    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star
    4.topologi ring.

  23. sesuatu …

    Jaringan Komputer adalah yang menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.
    topologi jaringan adalah sistem pemasangan pada jaringan komputer yang tiap topologi berbeda beda cara pemasangan kabelnya ada kelebihan dan kekuranganya dari topologi jaringan masing-masing.contoh topologi jaringan komputer adalah :
    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star
    4.topologi ring.

    🙂

    hatur nuhun …..

  24. rusyana says:

    topologi jaringan adalah sistem pemasangan pada jaringan komputer yang tiap topologi berbeda beda cara pemasangan kabelnya.dan ada kelebihan dan kekuranganya dari topologi jaringan masing-masing.contoh topologi jaringan komputer adalah :
    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star
    4.topologi ring.

    itu teh menurut saya pak ……

    Ass.WR.WB

  25. menurut saya ,
    sistem jaringan komputer itu adalah kumpulan beberapa komputer yang saling di hubungkan untuk dapat berbagi informasi dari komputer satu ke komputer lainnya .
    maka ada 3 skala jaringan seperti:
    1.LAN
    2.WAN
    3.internet

    topologi jaringan adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lain nya yg memungkinkan saling berhubungan.
    topologi jaringan komputer adalah :
    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star

  26. uning husnul khotimah (2 ipa 1) says:

    jaringan komputer yaitu suatu jaringan yang menghubungkan dari komputer satu ke komputer lainnya .skala jaringan terbagi menjadi 3 yaitu: LAN , WAN DAN INTERNET .
    sedangkan Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.dan ada pula beberapa topologi yang dikenal :
    topologi BUS :Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus
    topologi token ring :cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran)
    topologi STAR :Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya.
    Topologi mesh : sebuah jaringan yang dimana jaringan ini terhubung langsung ke beberapa komputer lainnya

  27. Rosita Merliayanti says:

    pa materi yang bapak berikan tentang sistem jaringan sudah sedikit saya tangkap cuman ko saya merasa belum cukup karena praktek bagaimana memulai memulai sistem jaringan dari mulai memasang hardware apa saja lalu alamat IP dan lain-lain sehingga saya bisa mempraktekan dirumah karena kebetulan dirumah ada komputer 2 jadi saya kalo pindahin data selalu lewat flashdisk tapi kalau sudah terbentuk jaringan kan mudah. terima kasih (Rosita 2 IPS 3 )

  28. Sandy supriadi ( 2 IPS 3 ) says:

    pa menurut saya, sistem jaringan itu adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang di desain untuk dapat berbagi sumber daya. seperti berkomunikasi dll.
    sistem jaringan juga dapat mepermudah dalam melakukan pekerjaan dll,

  29. anita wulandari (2 IPS 3) says:

    menurut saya pak,
    sitem jaringan adalah sistem yang terdiri atas komputer satu dengan yang lainnya saling berhubungan, sedangkan topologi jaringan adalah suatu susunan dalam suatu jaringan komputer .

  30. rohmana_2 ipa 1 says:

    ohh pak setelah saya membaca dari atas jadi topologi jaringan adalah suatu tata letak sistem pemasangan komputer pada jaringan komputer yang lainya sehingg dapat bertukar informasi.
    topologi jaringan dibagi menjadi 4:
    1.topologi mesh
    2.topologo bus
    3.topologi star
    4.topologi ring

    jaringan komputer adalah hubungan komputer yang satu dng yang lainya mmencakup seperti:
    1.lan
    2.wan
    3,internet

    wassalam 🙂

  31. lisnafatimah 2 ipa 2 says:

    menurut kesimpulan saya:
    jaringan komputer adalah kumpulan komputer,printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan
    skalanya terdiri dari LAN , WAN , INTERNET
    yang membedakan wan dan internet adalah sifatnya yaitu jika wan bersifat private sedangkan
    internet bersifat global.

  32. anita wulandari (2 IPS 3) says:

    menurut saya pak,
    sistem jaringan adalah sistem yang terdiri atas komputer satu dengan yang lainnya saling berhubungan , sedangkan topologi jaringan adalah suatu susunan dalam suatu jaringan komputer.

  33. riki apriadi_2IPS3 says:

    alhamdullah pak nunuy setelah saya membaca,,saya jadi tau dengan detail tentang sitem jaringan komputer,topologi dan alamat ip.

    jadi mnurut saya jaringan komputer adalah suatu jaringan komputer yg menghubungkan komputer satu dengan yg lain nya..
    toplogi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan..

  34. adambarokah says:

    bapak mnurut saya adam 2ipa1 jaringan komputr adalah suatu sistim yang menghubunkan komputer 1 dngan komputer lain skala perbandingan ada 3 yaiti lan lbh lias di sebut wan dan internet sedangkan topologi kmputr adalah suatu cara untuk menghubunkan 1komputr 1 dngan yg lainnya ada 3topologi yaitu topologi bus, topologi tokrn ring star,dan topologi mes

  35. Nurlela sari XI IPA says:

    Kalau menurut saya……..
    topologi adalah struktur yang memperkenankan kita untuk memformalkan konsep seperti konvergensi, keterhubungan (connectedness) dan kontinuitas.
    ……….

  36. selly nuraini fendita (2 ipa 1) says:

    menurut saya mah pa…
    jaringan komputer yaitu suatu jaringan yang menghubungkan dari komputer satu ke komputer lainnya .skala jaringan terbagi menjadi 3 yaitu: LAN , WAN DAN INTERNET .
    Sedangkan prbdaan antara wan dan internet adalah :wan luas tp,private .internet luas dan umum. sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain.
    topologi jaringan dibagi menjadi 4:
    1.topologi mesh
    2.topologo bus
    3.topologi star
    4.topologi ring

    jaringan komputer adalah hubungan komputer yang satu dng yang lainya mmencakup seperti:
    1.lan
    2.wan
    3,internet

    menurut seli mah itu pa setelah dibaca2 sistem jaringan ,,,
    dan yg seli pahami mah itu ..

  37. astita sari says:

    menurut saya pa,,
    jaringan komputer adalah jaringan yang satu dengan yang lain saling berhubungan.
    sekala jaringan terbagi menjadi 4 yaitu :
    1. topologi bus
    2. topologi mesh
    3. topologi ring
    4. topologi star

  38. noni nuraeni (2 ipa 1) says:

    menurut saya jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer2 yang d desain utk berbagi sumber daya, berkomunikasi dan dapat mengakses informasi.

    Topologi jaringan adalah hal yg mnjelaskn hubungan geometris antara unsur2 dasar penyusun jaringan yaitu node, link, station.

    Pada intinya penjelasan mengenai topologi jaringan dan jaringan komputer setiap orang sama tujuannya.

  39. pada hakikatnya skala jaringan ada 3 macam yaitu:
    1. LAN (local area network)
    2. WAN (wide area network
    3. internet…

    jaringan komputer/topologi di bagi menjadi 4 yaitu
    1.topologi mesh
    2.topologo bus
    3.topologi star
    4.topologi ring

    pengertiannya adalah
    1. topologi mesh: sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain.
    2. topologo bus: topologi ini menggunakan kabel BNC dan pada kadua ujungnya harus diberi terminator
    3. topologi star: Topologi ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:
    setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.
    mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node
    keunggulan : jika satu kabel node terputus yang lainnya tidak terganggu
    dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, biasanya digunakan kabel UTP.
    4. topologi ring: Topologi Ring setiap node ditata sehingga membentuk lingkaran.

  40. asep hadian 2 ipa 1 says:

    menurut saya jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya, skalanya terdiri dari LAN, WAN, dan INTERNET.

    sedangkan topologi menurut saya adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lain nya yg memungkinkan saling berhubungan.

    sakitu wae ah ti abdi
    punten bilih aya kalepatan
    hatur nuhun pa
    samlekum 🙂

  41. sri nurmalani says:

    Menurut saya, sistem jaringan adalah hubungan antara komputer 1,2, dan komputer yang lainnya untuk berbagi informasi. Jaringan terdiri atas 3 skala jaringan yaitu : LAN, WAN, dan INTERNET.
    LAN adalah hubungan 1 komputer ke komputer yang lainnya. WAN adalah hubungan dari LAN ke LAN. Dan INTERNET adalah suatu jaringan global yang diciptakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.

  42. gina sri mulyanti 2ips3 says:

    Menurut saya ,sistem jaringan adalah suatu hubungan antara komputer satu ke komputer yang lainnya, skala jaringan terbagi menjadi 3, yaitu:
    1. LAN
    2. WAN
    3. INTERNET
    sedangkan topologi adalah letak suatu jaringan pada komputer.

  43. Peti Patimah ( 2 IPA 1 ) says:

    Jadi setelah saya menbaca artikel dalam blog bapak ini, saya dapat menyimpulkan bahwa :
    Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung, informasi dan data bergerak melalui kabel – kabel maupun dengan sistem wireless sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen ataupun data, mencetak pada printer yang terhubung dengan jaringan. Dan tentunya menggunakan topologi jaringan yang beragam atau tata letak suatu jaringan yang berbeda – beda.

    Internet dikatakan sebagai sebuah sistem jaringan yang terbentuk dari berbagai kumpulan – kumpulan sub – sub jaringan komputer yang terbesar diberbagai belahan bumi.

  44. asep hadian 2 ipa 1 says:

    menurut saya Jaringan Komputer adalah hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya yang saling berhubungan. Skala jaringan terbagi menjadi 3, antara lain LAN, WAN, dan INTERNET.
    sedangkan topologi jaringan adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lainnya yg memungkinkan saling berhubungandan, dan di tiap topologi jaringan pasti terdapat kelebihan dan kekurangnnya.

    cekap sakitu weh pa 🙂

  45. menurut saya Jaringan Komputer adalah hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya yang saling berhubungan.
    dan internet adalah salah satu media yg bisa bisa di pakai untuk berkomunikasi dan mendapatkan berita secara lngsung dari seluruh pelosok dunia….

    sakitu weh anu ku saya terang mah 🙂

  46. m.rizky hamdani 2IPS_3 says:

    jadi pak menurut saya jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yg terhubung satu dengan komputer lainnya.
    topologi mesh tidak di gunakan di karenakan pengoprasian nya sangat sulit.

    kesimpulannya :
    semua jaringan sangat berfungsi karena kalau komputer satu tidak bisa beroprasi maka yg lainnya pun tidak akan beroprasi atu kerusakan koneksi.

  47. Siti Sopiah says:

    menurut saya jaringan komputer adalah hubungan antara komputer dengan komputer lainnya .
    kalo topologi jaringan yaitu hubungan komputer yg tersusun dalam bentuk .

  48. Marisa Agina says:

    kesimpulan menurut saya ketika membaca artikel bapak , dapat disimpulkan seperti berikut :
    kalo menurut saya jaringan komputer yaitu jaringan-jaringan yang tersusun dan menghubungkan antara komputer dengan komputer lain .
    kalo topologi jaringan yaitu susunan-susunan komputer yg berhubungan dengan macam-macam bentuk .

  49. menurut saya ,jaringan komputer adalah suatu jaringan yang saling menghubungkan satu dengan yang lain nya .

    topologi jaringan adalah tata letak atau layout suatu jaringan .
    topologi jaringan terbagi menjadi beberapa bagian :
    1 topologi bus
    2 topologi ring
    3 topologi star
    4 topologi mesh .

    skala jaringan kompiter terbagi menjadi :
    1 LAN ( Line Area Network )
    2 WAN ( Wide Area Network )
    3 INTERNET ( Interconnected Network )

    itu yang saya baca dari materi di atas ,lebih dan kurang nya di maklumi .
    terimakasih 🙂

  50. pak ,
    jaringan komputer adalah suatu jaringan yang saling berhubungan satu sama lain nya .
    skala jaringan komputer terbagi menjadi :
    1 LAN
    2 WAN
    3 INTERNET

    topologi jaringan adalah tata letak atau layout suatu jaringan .
    topologi jaringan terbagi menjadi 4 :
    1 topologi mesh
    2 topologi ring
    3 topologi star
    4 topologi bus

    cukup sekian komentar dari saya , terimakasih sebelumnya .
    wassalam 🙂

  51. fitri mumuy maulana 2 IPS 1 says:

    menurut saya
    A.jaringan komputer itu adalah kumpulan komputer,printer,dan alat lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan.
    yang memiliki 5 jenis yaitu LAN,WAN,MAN,INTERNET,DANJARINGAN TANPA KABEL.

    B.skala jaringan di bagi menjadi 4 yaitu
    1.LAN jaringan yang hanya bisa di gunakan dalam satu ruangan.
    2.MAN jaringan yang skalanay lebih besar dari LAN seperti satu kota
    3.WAN jaringan dari berbagai LAN contohnya negara
    4.INTERNET skalanya meliputi keseluruhan atau mendunia

    C.Topologi Komputer:suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan.
    dan topologi di bagi kedalam 4 bagian yaitu:
    a.topologi BUS
    b.topologi Token Ring
    c.topologi Star,dan
    d.topologi Peer To Peer Network.

    nah itu yang saya tau mah pak….
    tapi gak tau tah apakah itu benar atau tidak tapi yang pastinyamah bener cuma kurang kumplit ya ………….??
    heheheheeheh

    punten namun tos telat pisannnnn
    heheheheh

  52. fitri mumuy maulana 2 IPS 1 says:

    pak kalau menurut hizh,

    A. bahwa jaringan komputer itu adalah hubungan antar komputer satu dengan komputer lainnya

    skala jaringan di bagi menjadi 3 :
    1. local area network (LAN)
    yaitu jaringan yang hanya mencankup komputer-komputer dalam satu ruangan atau satu gedung
    2. wide are network (wan)
    yaitu jaringan yang sama dengan jaringan lan hanya jaringan ini mencangkup lebih luas,bahkan bisa antar benua,antarnegara
    3. internet
    yaitu jaringan yang sama dengan lan dan wan,tapi jaringan ini saaaaaaaaaaangat luas,bahkan sampai ke sluruh duni

    subhanallah banget yaa pak…

    trus selain itu juga ada topologi
    topologi di bagi menjadi 4:
    1. topologi mesh
    2. topologibus
    3. topologi ring
    4. topologi star.

    alhamdulillah pak ada yang masuk lah dalam otak.
    tapi gak tau tah pak ulangan tik brapa nilainya,coz lumayan nyuci otak banget lah

    hahahahahah

  53. hizhwati nur rohmah (2 ipa 1) says:

    pak kalau menurut hizh,

    A. bahwa jaringan komputer itu adalah hubungan antar komputer satu dengan komputer lainnya

    skala jaringan di bagi menjadi 3 :
    1. local area network (LAN)
    yaitu jaringan yang hanya mencankup komputer-komputer dalam satu ruangan atau satu gedung
    2. wide are network (wan)
    yaitu jaringan yang sama dengan jaringan lan hanya jaringan ini mencangkup lebih luas,bahkan bisa antar benua,antarnegara
    3. internet
    yaitu jaringan yang sama dengan lan dan wan,tapi jaringan ini saaaaaaaaaaangat luas,bahkan sampai ke sluruh duni

    subhanallah banget yaa pak…

    trus selain itu juga ada topologi
    topologi di bagi menjadi 4:
    1. topologi mesh
    2. topologibus
    3. topologi ring
    4. topologi star.

    alhamdulillah pak ada yang masuk lah dalam otak.
    tapi gak tau tah pak ulangan tik brapa nilainya,coz lumayan nyuci otak banget lah

    hahahahahah

  54. siti hodijah 2 ips 3 says:

    menurut saya pak.
    sistem jaringan adalah hubungan komputer satu dan komputer lain saling berhubungan hingga menjadi satu .
    topologi jaringan dibagi menjadi 4 yaitu :
    topologi bush,topologi mesh, topologi ring, topologi stars

    jadi topologi adalah susunan atau sistem jaringan yang mempunyai banyak manfaat.

  55. elinda nur falah ( 2 ipa 2 ) says:

    pak saya mau menambahkan saja 🙂

    * JARINGAN KOMPUTER adalah himpunan komputer yang dihubungkan baik dengan kabel atau tanpa kaber sehingga dapat saling berkomunikasi.
    * JARINGAN KOMPUTER dapat hanya terdiri dari 2 buah komputer, tetapi juga dapat melibatkan puluhab atau bahkan ratusan komputer.
    * Komunikasi JARINGAN KOMPUTER dapat berupa : pertukaran data (data transmission), pemakaian alat secara bersama-sama (resource sharing) atau pengendalian (remote control).

    * JARINGAN KOMPUTER dapat diBEDAkan berdasarkan beberapa kategori :

    – jaringan komputer berdasarkan penyambungan secara fisik (pengkabelan)
    a. topologi star (bintang)
    b. topologi bus (serial)
    c. topologi ring (melingkar)
    d. topologi mesh (jala)
    – berdasarkan sistem koneksi :
    a. peer to peer
    b. print server
    – berdasarkan cakupan wilayahnya :
    a. LAN (Local Area Network)
    b. MAN (Metropolitan Area Network)
    c. WAN (Wide Area Network)

    makasih 🙂

  56. muhammad abdul azis 2 IPA 2 says:

    asalammualaikum wr.wb
    menurut saya topologi jaringan adalah hubungan yang menghubungkan satu perangkat komputer terhadap komputer lain nya yg memungkinkan saling berhubungan.

    topologi di bagi menjadi 4 yaitu
    1.topologi mesh
    2.topologo bus
    3.topologi star
    4.topologi ring

    skala jaringan ada 3 macam yaitu:
    1. LAN (local area network)
    2. WAN (wide area network
    3. internet…

    sakieu wae ti abdi pa bilaih ya kasahan abdi nyuheng keun hampura 😀

    asalamualaikum wr.wb

  57. rani juliani says:

    Rani Juliani 2 IPA 1 .
    menurut saya topologi jaringan adalah letak tata cara sistem pemasangan komputer pada jaringan komputer lain nya dalam ruang lingkup tertentu sehingga dapat bertukar informasi dan mencari berita .

    jaringan komputer adalah suatu jaringan yang dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lain nya dalam satu ruangan contoh nya .
    LAN .
    WAN .
    INTERNET .

  58. hani mulyani , 2 ips 3 says:

    pak sebenarnya hani belum mengerti atas penjelasan materi yg di sampaikan bapa di kelas,
    tapi atas adanya materi rangkuman jaringan komputer yg bapa buat membuat saya lumayan mengeti , tapi yg belum saya pahami , apa sih topologi star itu ?
    dan apa kekurangan serta kelebihannya ?

  59. topologio jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur2 dasar penyusunan jaringan.
    setiap topologi mempunyai kelebihan dan kekurangan . pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan ,biaya, tujuan pengguna.

  60. Rahmat selamet 2 ipa 1 says:

    menurut saya jaringan komputer adalah perangkat yang menghubungkan komputer dengan yg lainnya agar saling berhubungan.

    Topologi jaringan susunan dari beberapa jaringan komputer yang saling berhubungan agar bekerja dengan baik.

    Topologi dibagi menjadi 4 bagian :
    1. Topologi mesh
    2. Topologi bus
    3. Topologi star
    4. Topologi ring

    Skala jaringan dibagi menjadi 3 macam :
    1. LAN
    2. WAN
    3. INTERNET

  61. iia pak menurut saya sistem jaringan komputer adalah jaringan yang saling berhubungan satu sama lain ,, 🙂

    oiia pak btw dalam skala jaringan komputer antara WAN dengan INTERNET skala nya lebih besar mna ???

  62. siti masitoh says:

    ass. pak

    menurut saya topologi adalah suatu hal yang menghubungkan geometris antara unsur”
    macam-macam topologi yaitu :_topologi bintang
    _topologi cincin
    _topologi pohon dll
    pa apa kekurangan dan kelebihan topologi cincin dan topologi bintang ???????

  63. kalau menurut saya ,
    jaringan komputer itu ialah jaringan antara koputer satu dengan komputer yang lainnya
    sedangkan topologi jaringan ialah , letak tata cara sistem pemasangan komputer .
    topologi jaringan terbagi atas ,
    topologi mesh , topologi bus , topologi ring , dan topologi star .

  64. assalammualaikum wr wb..
    jadi menurut saya pa sistem jaringan adalah suatu satu kesatuan dalam komputer yang mencakup:
    LAN:jaringan yang hanya menghubungkan dari satu komputer ke komputer lain dalam sebuah ruangan,gedung,sekolah dan kantor.
    WAN:jaringan yang menghubungkanya lebih luas dari jaringan LAN,yaitu dapat menghubungkan jaringan dari pulau satu ke pulau lainya,dari negara ke negara lain,bahkan antar benua sekalipun.
    internet:jaringan yang menghubungkan seluruh jaringan didunia,sehingga kita bisa mengetahui informasi yang ada di belahan dunia manapun secara lebih luas dan mudah.
    topologi jaringan adalah sistem pemasangan pada jaringan komputer yang tiap topologi berbeda beda cara pemasangan kabelnya.dan ada kelebihan dan kekuranganya dari topologi jaringan masing-masing.contoh topologi jaringan komputer adalah :

    1.topologi mesh
    2.topolohi bus
    3.topologi star
    4.topologi ring.

    waalikumsalam wr wb

  65. siti masitoh says:

    menurut saya
    jaringan komputer adalah hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya sekalajaringan komputer ada 3 yaitu :
    1. LAN
    2. WAN
    3. internet

  66. ari mulyadi 2 ipa 2 says:

    mnurut saya :

    Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan

    macam macam topologi
    1. topologi bus
    2.topologi ring
    3. topologi star
    4. topologi mesh

  67. mulyani says:

    sistem jaringan komputer adalah hubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya
    skala jaringan ada tiga

    LAN
    WAN
    INTERN

  68. cici agustini,kelas XI IPS 3 says:

    ALHAMDULLIlah iah pa,,,,,,terima kasih atas materi yang berjudul jaringan komputer yang bapak buat ,,,,materi itu sangat bermanfaat bagi saya….

    menurut saya jaringan komputer adalah:suatu sistem komputer yang di dalamnya terdapat suatu kesatuan yang mencakup LAN WAN dsb.

  69. muhamad aziz taufick says:

    jadi menurut saya sistem jaringan komputer adalah hubungan antara komputer yg 1 dengan yg lainnya.sistem ini di hubungkan dengan LAN(local area network),WAN(wide area network)dan INTERNET(international connecting network)

  70. taufan says:

    topologi yang menyambunkan komputr lain taufan 2ipa 1

  71. ignatius says:

    sistem jaringan yang menghubungkan komputer 1 dngan yg lain 2ipa 1

  72. evi ipa 1 says:

    sistem jaringan yang menghubungkan komputer satu dngan yang lain

  73. cahya 2 IPA 2 says:

    assalamualaikum wr. wb.
    setelah saya membaca dan mempelajari,saya jd tau apa yang dimaksud definisi jaringan komputer, skala jaringan, topologi jaringan, dan alamat ip itu seperti apa…….

    menurut saya, skala jaringan dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
    1. local area networking(LAN)
    2. wide area network(WAN)
    3. metropolitan area network(MAN)
    WAN dan LAN mempunyai karakteristik, yaitu:
    1. mempunyai pesat data yg lebih tinggi
    2. meliputi wilayah geografi yg lebih sempit
    3. tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yg disewa dari operator telekomunikasi.
    itu pendapat saya, atas perhatian bapak terima ksaih.
    wassalam wr. wb.

  74. resza suci safirti 2 ips 2 says:

    menurut saya sistem jaringan adalah perangkat yang mnghubung kan beberapa komputer dari 1 ke yang lainnya
    topologi jarangan adalah susunan letak komputer yang akan d hubungkan .

  75. fityan ilman IX IPS 2 says:

    apa kelebihan topologi star ?

  76. OCTY OCTAVIANA says:

    MENURUT SAYA, TOPOLOGI JARINGAN ADALAH SUATU HUBUNGAN YANG MENGHUBUNGKAN ANTARA SATU KOMPUTER DENGAN KOMPUTER LAIN, YANG BISA MENGGUNAKAN SISTEM LAN

Tinggalkan komentar